KONVERSI CITRA

Konversi citra adalah mengubah jenis citra dari jenis satu ke jenis lainnya. Masih ingat kan tiga jenis citra? Kalau sobat lupa, silahkan dibaca disini Mengenal Citra Digital .

Sudah ingat? Tancap lagi. *sruput es teh dulu*

Pertama, kita bahas tentang cara mengubah citra berwarna menjadi citra grayscale. Simak formula matematisnya beserta contoh penghitungannya di bawah ini:

I=a x R + b x G +c x B

Misal, sebuah piksel mempunyai komponen RGB sebagai berikut : R=50, G=70, B=60. Jika a, b, dan c bernilai sama maka untuk mengubah piksel tersebut menjadi grayscale yaitu dengan mencari rata2 dari nilai ketiga layer tersebut sehingga nilai pikselnya menjadi : I = 50+70+60/3 =60.

Namun, selain rumus di atas, ada sebuah rumus yang sering digunakan untuk menjadikan citra RGB ke grayscale, yaitu :

I= 0.2989*R + 0.5870*G + 0.1141*B

Jika dalam Matlab, dapat diketikkan sebagai berikut:

gambar=imread(‘you.jpg’);   %——–membaca file gambar
gray = uint8(0.2989*double(gambar(red))+0.5870*double(gambar(green)+ 0.1141*double(gambar(blue))));

Coding di atas merupakan proses konversi secara manual. Jika menggunakan toolbox  konversi RGB ke grayscale pada Matlab akan lebih singkat lagi. Cukup dengan menggunakan toolbox ‘rgb2gray’ sbb:

gambar=imread(‘you.jpg’); %——–membaca file gambar
grayscale = rgb2gray(gambar);

Sedangkan untuk mengubah citra grayscale ke citra biner, terlebih dulu kita harus tahu bagaimana konsepnya. Seperti yang diketahui citra grayscale mempunyai range nilai piksel antara 0-255 sedangkan citra biner hanya mempunyai nilai 0 dan 1. Untuk itu strateginya adalah dengan menentukan nilai ambang (threshold). Nilai threshold ini dapat kita tentukan sesuai kebutuhan kita. Nilai threshold ini akan berguna untuk fungsi logika ketika kita akan mengubah nilai piksel grayscale ke biner. Perhatikan rumus berikut :

Jika nilai piksel grayscale >= threshold maka nilai piksel biner=1
Jika nilai piksel grayscale < threshold maka nilai piksel biner=0

Missal nilai threshold = 128 maka nilai-nilai piksel yang berada pada gambar grayscale yang mempunyai nilai di atas atau sama dengan 128 akan direpresentasikan dengan nilai 1 dan begitu pula sebaliknya untuk nilai piksel yang kurang dari 128 akan direpresentasikan dengan nilai 0.

Waahh, gak kerasa selesai deh belajar konversi citra kali ini. Semoga bermanfaat ya! ^_^0

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s