OVERVIEW SISKOM DIGITAL

Blok diagram sistem komunikasi digital:

Untitled

Di dalam komunikasi digital, terdapat tiga blok besar berdasarkan fungsinya, yaitu source of information block, Transmitter/Receiver block, dan Channel Block. Sesuai dengan namanya, di dalam blok source information terjadi proses input informasi yang dapat berupa speech, citra, musik, maupun data.

Masuk ke dalam blok transmitter, sebuah sumber informasiĀ  akan dikodekan oleh blok yang bernama source encoder. Di dalam source encoder, terjadi proses ADC (analog to digital converter), yaitu proses pengubahan sinyal informasi analog menjadi sebuah sinyal digital. Selain proses ADC, terjadi pula proses penghilangan terhadap bit-bit redundant yang bertujuan untuk meminimalkan jumlah bit yang akan dikirim sehingga dapat menghemat bandwidth yang ada. Hasil dari blok source encoder ini dinamakan source codeword.

Setelah pengkodean sinyal informasi, proses selanjutnya adalah pengkodean kanal. Proses yang terjadi dalam blok ini adalah penambahan beberapa bit, yang disebut dengan bit-bit parity, untuk tujuan error control. Dengan adanya proses ini, bit-bit informasi akan dapat lebih tahan terhadap gangguan yang terjadi ketika proses pentransmisian. Hasil dari blok channel encoder disebut dengan channel codeword.

Usai pengkodean sinyal informasi dan kanal, proses selanjutnya adalah proses modulasi atau penumpangan sinyal informasi pada sinyal carrier dengan tujuan untuk mempercepat proses transmisi data dan meningkatkan jarak tempuh sinyal. Hasil dari blok modulasi adalah waveform yang kemudian akan ditransmisikan pada kanal. Adapun secara rinci mengenai modulasi akan dibahas kemudian di bahasan modulasi digital.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s