Model Warna RGB

RGB merupakan salah satu dari model warna. Adapun gambar dengan model warna RGB memiliki tiga layer/warna dasar pembentuk warna, yaitu red, green, blue. Secara matematis, warna RGB dimodelkan  seperti  sistem koordinat kartesius  (Gonzales, Rafael C. and Rhicard E.,1992), dimana ketiga sumbunya  bernama  sumbu R, G, dan B.  Adapun pembagian ruang warna pada RGB  divisualisasikan  sebagai  […]

KONVERSI CITRA

Konversi citra adalah mengubah jenis citra dari jenis satu ke jenis lainnya. Masih ingat kan tiga jenis citra? Kalau sobat lupa, silahkan dibaca disini Mengenal Citra Digital . Sudah ingat? Tancap lagi. *sruput es teh dulu* Pertama, kita bahas tentang cara mengubah citra berwarna menjadi citra grayscale. Simak formula matematisnya beserta contoh penghitungannya di bawah […]

MENGENAL CITRA DIGITAL

Dalam pengolahan gambar digital, gambar lebih dikenal dengan istilah citra.  Secara matematis, gambar merupakan bidang dua dimensi yang mempunyai panjang dan lebar. Begitu pula di dalam pengolahan citra, gambar/ citra dianggap sebagai sinyal dua dimensi yang direpresentasikan dengan baris dan kolom. Adapun definisi dari citra digital, yaitu citra yang telah terkuantisasi diskrit kemudian direpresentasikan ke […]

BASIC BUILD GUI ON MATLAB

Hey…hey…you…you…(Dalam Bahasa Jawa: Hey,hey, yu yu -hei,hei,mbak,mbak) Apa kabaaarrrr? “Sebelum belajar harus semangat dong,” kata psikolog biar tulang martilnya gak mengkeret. Makanya jangan heran kalau Mimin suka menyemangati dengan cara yang… Sudahlah. Kali ini mimin ada share2an bagus tentang kalian yang masih semangat belajar Matlab. Apa itu? Yap, diktat bikin GUI. Apa itu GUI, Min? […]

Belajar Otodidak MATLAB

Selamat malammmm! Apa kabar mata? Masih semangat? Hehehe. Semoga masih blink. Hari ini Mimin mau share tentang… *Senamin jari tangan* BELAJAR PEMROGRAMAN MATLAB (Malem2 sharenya pemrograman? Pingsan aja da sekalian mapan tidur *_*) Jangan ya! 😀 Untuk sahabat pembaca yang sedang belajar tentang pengolahan sinyal pasti gak asing dengan software satu ini. Di bawah ini, […]

KRIPTOGRAFI DAN STEGANOGRAFI

Bismillahirrahmanirrahim… Good morning, Good People! Di post perdana ini saya ingin berbagi ilmu. Hanya sedikit mungkin, tapi semoga bermanfaat. 🙂 Topik hari ini adalah ‘Kriptografi VS Steganografi’ Pasti kata-kata ini gak asing bagi kalian yang sedang belajar tentang keamanan jaringan. Next, simak bedanya di bawah ini! Kriptografi merupakan salah satu teknik dalam mengamankan pesan rahasia, […]